Sistem npenerangan pada motor:Sistem ini berfungsi sebagai membantu kita melihat pada malam hari,jadi kalau malam hari sistem ini gaada kebayang kan???oke dibawah ini beberapa sistem penerangan:
1. Sistem penerangan lampu kepala
Lampu kepala adalah penerangan utama pada motor, pada lampu ini sistem pencahayaan utama akan diemban. Memang ini karena fungsi dari lampu kepala adalah sebagai penyedia cahaya berkapasitas besar untuk menerangi jalanan didepan motor.
Ada dua lampu pada lampu kepala ini, yakni ;
Kedua lampu ini digunakan pada kondisi tertentu, misal lampu jarak jauh dipakai saat kita berjalan pada jalanan yang memiliki pencahayaan rendah dengan kecepatan tinggi dan sepi. Penggunaan lampu jarak jauh ditempat ramai akan mengganggu orang lain karena ketinggian lampu bisa menyoroti wajah orang lain.
Cara kerja kedua lampu ini secara bergantian, dengan kata lain lampu jarak dekat akan mati apabila lampu jauh hidup begitu pula sebaliknya. Lampu yang dipakai menggunakan jenis lampu dual filamen. Lampu ini memiliki tiga terminal dan dua buah kawat inti. Satu terminal masa dan dua terminal untuk masing-masing lampu jauh dan dekat.
Saat ini, saklar lampu kepala sudah secara otomatis aktif saat mesin motor hidup. Ini terkait regulasi yang mewajibkan pengguna motor untuk menghidupkan lampu disiang hari.
Namun untuk lampu jauh, masih diaktifkan oleh sebuah saklar secara manual.
2. Lampu sein
Lampu tanda belok adalah jenis penerangan berikutnya. Lampu sign ini merupakan perangkat yang wajib disediakan pada kendaraan bermotor apapun jenisnya termasuk sepeda motor.
Ini karena fungsinya sebagai active safety system, lamp sein tidak berfungsi untuk memberi cahaya untuk menyinari jalan seperti lampu kepala, tapi lampu ini dijadikan sebagai lampu sinyal kemana kendaraan akan berbelok.
Sistem peringatan ini akan mencegah kesalah pahaman antara pengemudi sehingga mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas, oleh sebab itu lampu ini termasuk perangkat keselamatan aktif kendaraan yang secara aktif menjaga keselamatan pengguna dan motor itu sendiri.Mungkin anda bertanya-tanya mengapa lampu sein bisa berkedip ? jika anda menyimak artikel rangkaian lampu sein dan hazard sudah dipaparkan secara jelas bahwa ada satu komponen bernama flasher.
Lampu kepala adalah penerangan utama pada motor, pada lampu ini sistem pencahayaan utama akan diemban. Memang ini karena fungsi dari lampu kepala adalah sebagai penyedia cahaya berkapasitas besar untuk menerangi jalanan didepan motor.
Ada dua lampu pada lampu kepala ini, yakni ;
- Lampu low beam, merupakan lampu jarak dekat yang menyinari area didepan motor dengan jarak dekat dengan motor.
- Lampu high beam, merupakan lampu jarak jauh yang memiliki jangkauan pencahayaan lebih jauh.
Kedua lampu ini digunakan pada kondisi tertentu, misal lampu jarak jauh dipakai saat kita berjalan pada jalanan yang memiliki pencahayaan rendah dengan kecepatan tinggi dan sepi. Penggunaan lampu jarak jauh ditempat ramai akan mengganggu orang lain karena ketinggian lampu bisa menyoroti wajah orang lain.
Cara kerja kedua lampu ini secara bergantian, dengan kata lain lampu jarak dekat akan mati apabila lampu jauh hidup begitu pula sebaliknya. Lampu yang dipakai menggunakan jenis lampu dual filamen. Lampu ini memiliki tiga terminal dan dua buah kawat inti. Satu terminal masa dan dua terminal untuk masing-masing lampu jauh dan dekat.
Saat ini, saklar lampu kepala sudah secara otomatis aktif saat mesin motor hidup. Ini terkait regulasi yang mewajibkan pengguna motor untuk menghidupkan lampu disiang hari.
Namun untuk lampu jauh, masih diaktifkan oleh sebuah saklar secara manual.
2. Lampu sein
img by philipmccallen.com
Lampu tanda belok adalah jenis penerangan berikutnya. Lampu sign ini merupakan perangkat yang wajib disediakan pada kendaraan bermotor apapun jenisnya termasuk sepeda motor.
Ini karena fungsinya sebagai active safety system, lamp sein tidak berfungsi untuk memberi cahaya untuk menyinari jalan seperti lampu kepala, tapi lampu ini dijadikan sebagai lampu sinyal kemana kendaraan akan berbelok.
Sistem peringatan ini akan mencegah kesalah pahaman antara pengemudi sehingga mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas, oleh sebab itu lampu ini termasuk perangkat keselamatan aktif kendaraan yang secara aktif menjaga keselamatan pengguna dan motor itu sendiri.Mungkin anda bertanya-tanya mengapa lampu sein bisa berkedip ? jika anda menyimak artikel rangkaian lampu sein dan hazard sudah dipaparkan secara jelas bahwa ada satu komponen bernama flasher.
Flasher bekerja dengan memutuskan dan menyambungkan arus listrik kelampu secara periodikal. Sehingga akan dihasilkan output berupa kedipan lampu sein.
3. Lampu Stop
Lampu tail atau lampu stop merupakan lampu sinyal berikutnya, lampu ini juga tidak berfungsi sebagai komponen penyedia pencahayaan motor karena letaknya dibelakang. Lampu stop ini dipakai sebagai pemberi informasi ke pengguna kendaraan motor dibelakangnya bahwa didepan ada kendaraan.
Ini berguna ketika gelap, pada kondisi ini pengemudi sering tidak menyadari bahwa didepan ada kendaraan. Dengan adanya lampu stop ini maka pengemudi akan tahu bahwa didepannya ada sebuah kendaraan.
Sama halnya dengan lampu kepala, lampu stop ini juga memiliki dua macam lampu. Yakni lampu tail dan lampu rem, lampu tail akan hidup secara otomatis saat lampu kepala aktif. Atau dengan kata lain saat mesin motor hidup maka lampu ini akan menyala.
Sementara lampu rem memiliki intensitas cahaya lebih tinggi dari lampu tail. Perbedaan ini akan menyebabkan lampu rem bersinar lebih terang dari pada lampu tail sehingga ketika pengemudi menarik tuas rem pengguna kendaraan dibelakang akan tahu bahwa kendaraan didepannya sedang mengerem.
Untuk jenis bolamnya, ada yang memakai single filamen ada pula yang dual filamen. Pada dual filamen bulb maka ada tiga terminal, satu masa dan dua lainya ke switch rem dan kunci kontak. Sementara pada single filamen hanya ada dua terminal, tapi memiliki perbedaan tegangan.
Tegangan yang masuk ke lampu stop sata tuas rem ditekan akan lebih besar dari pada tegangan lampu tail sehingga sinarnya juga lebih terang.
4. Lampu dashboard

Lampu ini juga aktif sesuai lampu kepala, sehingga ketika lampu kepala dinonaktifkan maka lampu ini akan mati. Sebaliknya lampu dashboard akan hidup saat lampu kepala diaktifkan.
5. Lampu DRL (optional)
Lampu inu hanya disediakan pada motor-motor tertentu sebagai mebingkatkan penampilan motor. Lampu DRL adalah lampu layaknya aksesoris yang memiliki cahaya yang tidak terlalu terang dan bisa difungsikan sebagai lampu siang hari-
Comments
Post a Comment